TAMAN KANAK-KANAK

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 11.00

Kurikulum

I. Kurikulum Nasional

Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang digunakan oleh KB & TKK ORA et LABORA dan dikembangkan sesuai dengan Motto sekolah “Create Stars In God’s Hand“. Dalam tangan Tuhan, kami mencetak bintang berprestasi untuk kemuliaan nama Tuhan dan tentunya bagi dirinya sendiri juga orang lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah telah mengembangkan Kurikulum Nasional dimana mulai diterapkan Bahasa Inggris secara sederhana dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Dimulai dari kata sederhana serta tema per semester hingga topik yang akan diberikan.

II. Kemampuan Dasar

1. Perkembangan Berbahasa

Proses KBM akan disampaikan secara Bilingual (Eng-Ind). Perintah atau kata sederhana dalam English akan dipakai untuk keseharian di dalam kelas ataupun di lingkungan sekolah. Para pendidik akan selalu membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Kami menyadari dan harus berusaha untuk membiasakan menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia juga akan diajarkan. Membaca yang benar, menulis yang benar, mendengarkan yang baik dan berbicara dengan tutur kata yang sopan dan santun sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.

Dalam menanamkan gemar membaca pada anak didik, kami manambahkan jam story telling dimana anak mendengarkan cerita dari guru atau membaca buku sendiri dan menjelaskan secara sederhana di depan kelas.

2. Perkembangan Kognitif

Yang dimaksud adalah pertumbuhan secara mental, seperti menghafalkan, memahami, menerapkan apa yang mereka ketahui ke dalam situasi baru serta menciptakan ide-ide baru.

Pembelajaran kognitif mencakup Kemampuan Menangkap, Konsep Bahasa, Matematika, Konsep Angka dan semua Kemampuan Berpikir, seperti: Sebab Akibat, Hubungan, Memahami pandangan, Kepentingan orang lain.

3. Perkembangan Fisik/Motorik

Anak-anak sangat memerlukan kegiatan fisik. Mereka belajar melalui apa yang mereka lakukan, melalui penjelajahan, menggerakkan dan menggunakan tubuh mereka dan benda-benda di sekitarnya. Kegiatan sehari-hari ini termasuk mengidentifikasi bagian tubuh, berlari, bermain tali, meloncat, keseimbangan badan, menekuk, meregangkan otot, melempar, menangkap dan menendang.

4. Perkembangan Estetika

Perkembangan ini juga adalah bagian dari pengembangan kesadaran anak akan keindahan alam dan lingkungan hidup buatan manusia.

III. Belajar Pembiasaan

1. Moral

Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut pembentukan karakter dan budi pekerti manusia. Untuk menanamkan karakter dan budi pekerti yang baik berdasarkan nilai-nilai Kristiani diperlukan kerja sama semua pihak yang menjadi warga sekolah.

2. Agama

Anak akan diperkenalkan dengan Juru Slamat-nya. Anak akan diajarkan takut akan Tuhan. Anak akan diperkenalkan dengan tokoh-tokoh agama yang mempunyai hidup yang luar biasa pada jamannya dan dapat menjadi teladan dan berkat dalam kehidupan anak.

3. Sosial

Anak ditanamkan untuk dapat berjiwa sosial, ketika mereka menyadari bahwa mereka tidak hidup sendiri. Bersosialisasi adalah hal yang paling berperan untuk menumbuhkan rasa sosial kepada anak.

4. Emosional

Bermain mempunyai peranan atas perkembangan sosial emosional anak. Di samping meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab, melalui bermainlah anak-anak akan belajar untuk berbagi, menanti giliran dan bekerjasama dalam sebuah kelompok.

5. Kemandirian

Anak perlu untuk mengembangkan identitas dan toleransi yang positif terhadap orang lain yang berbeda pendapat atau pengalaman dengan dirinya. Anak-anak harus bisa menyimpan barang miliknya di loker mereka, membereskan mainan setelah bermain, mengambil kotak makan sendiri, pergi ke toilet sendiri, memakai sepatu sendiri.