SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 14.30

Kurikulum

Menggunakan Kurikulum Nasional,  yang mengacu pada proses pembentukan Karakter Kristiani bagi anak didik, melalui integrasi nilai-nilai Alkitabiah dalam setiap kegiatan pembelajaran dan pembentukan Kualitas Intelektual, yang mencakup keterampilan berpikir dan belajar, keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama serta keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta berjiwa Nasionalis.

Program Muatan Lokal yang dikembangkan di SMAK ORA et LABORA adalah Public Speaking (dalam bahasa Inggris) ini  berkaitan dengan potensi geografis SMA Kristen ORA et LABORA yang berada di  wilayah Kota Tangerang Selatan yang merupakan daerah perumahan, pusat pendidikan dan sentra niaga atau perdagangan dimana akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran.

Kami berharap bahwa setiap anak didik yang telah menuntaskan pendidikan di Sekolah Kristen ORA et LABORA dapat menjadi pribadi-pribadi yang takut akan Tuhan, memiliki citra diri dan dasar karakter yang baik, memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, pola berpikir dan cara belajar yang benar, mampu berkomunikasi, bekerja sama dan bersaing di masa yang akan datang.

senior-high-3

Visi

Unggul dalam mutu, Prestasi dalam kreasi, Berkarakter kristiani, Berbudaya,  Ramah lingkungan dan Berjiwa nasionalis.

 

Misi

  1. Mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, dengan mendayagunakan IPTEK dan lingkungan, sehingga mampu meningkatkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Meningkatkan SDM peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang   mandiri, kreatif dan inovatif.
  3. Menumbuhkembangkan iman dan karakter kristiani warga sekolah yang saling mengasihi, cerdas, disiplin dan berkepribadian.
  4. Mengembangkan ketrampilan hidup, jiwa seni, cinta tanah air dan budaya Indonesia.
  1. Menumbuh kembangkan budaya ramah lingkungan yang bersih, rindang, sehat, aman dan nyaman.
  2. Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orangtua/wali, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian Visi sekolah secara optimal.
  3. Menumbuhkembangkan rasa cinta almamater dan cinta tanah air.

Strategi Pembelajaran

LEARN WHAT TO LEARN

Dengan berbasis kurikulum nasional, pembelajaran di SMA  Kristen ORA et LABORA menekankan pada pemahaman konsep (ide dasar) yang kemudian diikuti  dengan penambahan konten (isi/informasi),  penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

LEARN HOW TO LEARN

Pembelajaran di Sekolah ORA et LABORA  menekankan pada proses belajar yang mengembangkan keterampilan belajar dan berpikir anak didik. Hal ini sangat signifikan karena merupakan bekal bagi anak didik di masa yang akan datang dalam menghadapi situasi-situasi hidup yang nyata.  Inquiry Based Learning,  Cooperative Learning adalah beberapa pendekatan pembelajaran yang diterapkan di SMA Kristen  ORA et LABORA untuk mengembangkan keterampilan belajar dan berpikir tersebut.

LEARN WHAT TO DO WITH WHAT WE LEARN

Pembelajaran di SMA Kristen ORA et LABORA  mengarahkan anak didik untuk menerapkan konsep-konsep dan informasi yang sudah dipelajari  ke dalam situasi-situasi baru melalui berbagai project, product, performance atau pemecahan masalah-masalah yang nyata, yang  ada di seputar kehidupan anak didik.

Staff Pendidik

Guru-guru yang sabar dan bersahabat  (yang selalu berusaha memahami pribadi siswa), dari lulusan S1 dan S2 yang kompeten.

Fasilitas

  • Ruang pembelajaran/kelas yang nyaman untuk proses belajar
  • Laboratorium Fisika-Kimia-Biologi-Komputer-Bahasa
  • Perpustakaan dengan buku referensi, majalah dan surat kabar (koran)
  • Koneksi Internet /Wi-Fi
  • Sarana olahraga yang lengkap (lapangan outdoor & indoor)
  • Ruang Aula yang bersih dan nyaman serta full AC
  • Kantin yang bersih
  • Green House
  • Ruang Pertemuan  (ruang rapat) yang nyaman.
  • Ruang UKS
  • Ruang Kegiatan Siswa (OSIS)
  • Ruang Musik

Extrakurikuler

  1. Spiritual  (Persekutuan Doa)
  2. Olahraga (Bola Basket, Futsal, Taekwondo dan Bulutangkis)
  3. Seni (Seni Rupa, Band, Modern Dance, Paduan Suara)
  1. Bahasa (Public Speaking, Jurnalistik)
  2. Pengembangan Diri (BK, Pramuka)