TAMAN KANAK-KANAK

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 11.00

Kurikulum

I. Kurikulum Nasional

Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang digunakan oleh KB & TKK ORA et LABORA dan dikembangkan sesuai dengan Motto sekolah “Create Stars In God’s Hand“. Dalam tangan Tuhan, kami mencetak bintang berprestasi untuk kemuliaan nama Tuhan dan tentunya bagi dirinya sendiri juga orang lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah telah mengembangkan Kurikulum Nasional dimana mulai diterapkan Bahasa Inggris secara sederhana dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Dimulai dari kata sederhana serta tema per semester hingga topik yang akan diberikan.

II. Kemampuan Dasar

1. Perkembangan Berbahasa

Proses KBM akan disampaikan secara Bilingual (Eng-Ind). Perintah atau kata sederhana dalam English akan dipakai untuk keseharian di dalam kelas ataupun di lingkungan sekolah. Para pendidik akan selalu membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Kami menyadari dan harus berusaha untuk membiasakan menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia juga akan diajarkan. Membaca yang benar, menulis yang benar, mendengarkan yang baik dan berbicara dengan tutur kata yang sopan dan santun sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.

Dalam menanamkan gemar membaca pada anak didik, kami manambahkan jam story telling dimana anak mendengarkan cerita dari guru atau membaca buku sendiri dan menjelaskan secara sederhana di depan kelas.

2. Perkembangan Kognitif

Yang dimaksud adalah pertumbuhan secara mental, seperti menghafalkan, memahami, menerapkan apa yang mereka ketahui ke dalam situasi baru serta menciptakan ide-ide baru.

Pembelajaran kognitif mencakup Kemampuan Menangkap, Konsep Bahasa, Matematika, Konsep Angka dan semua Kemampuan Berpikir, seperti: Sebab Akibat, Hubungan, Memahami pandangan, Kepentingan orang lain.

3. Perkembangan Fisik/Motorik

Anak-anak sangat memerlukan kegiatan fisik. Mereka belajar melalui apa yang mereka lakukan, melalui penjelajahan, menggerakkan dan menggunakan tubuh mereka dan benda-benda di sekitarnya. Kegiatan sehari-hari ini termasuk mengidentifikasi bagian tubuh, berlari, bermain tali, meloncat, keseimbangan badan, menekuk, meregangkan otot, melempar, menangkap dan menendang.

4. Perkembangan Estetika

Perkembangan ini juga adalah bagian dari pengembangan kesadaran anak akan keindahan alam dan lingkungan hidup buatan manusia.

III. Belajar Pembiasaan

1. Moral

Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut pembentukan karakter dan budi pekerti manusia. Untuk menanamkan karakter dan budi pekerti yang baik berdasarkan nilai-nilai Kristiani diperlukan kerja sama semua pihak yang menjadi warga sekolah.

2. Agama

Anak akan diperkenalkan dengan Juru Slamat-nya. Anak akan diajarkan takut akan Tuhan. Anak akan diperkenalkan dengan tokoh-tokoh agama yang mempunyai hidup yang luar biasa pada jamannya dan dapat menjadi teladan dan berkat dalam kehidupan anak.

3. Sosial

Anak ditanamkan untuk dapat berjiwa sosial, ketika mereka menyadari bahwa mereka tidak hidup sendiri. Bersosialisasi adalah hal yang paling berperan untuk menumbuhkan rasa sosial kepada anak.

4. Emosional

Bermain mempunyai peranan atas perkembangan sosial emosional anak. Di samping meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab, melalui bermainlah anak-anak akan belajar untuk berbagi, menanti giliran dan bekerjasama dalam sebuah kelompok.

5. Kemandirian

Anak perlu untuk mengembangkan identitas dan toleransi yang positif terhadap orang lain yang berbeda pendapat atau pengalaman dengan dirinya. Anak-anak harus bisa menyimpan barang miliknya di loker mereka, membereskan mainan setelah bermain, mengambil kotak makan sendiri, pergi ke toilet sendiri, memakai sepatu sendiri.

SEKOLAH DASAR

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 13.20

Kurikulum

Kurikulum  yang digunakan di SD Kristen ORA et LABORA adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang lebih dikenal sebagai KTSP 2006.  Dalam pelaksanaannya  mengintegrasikan Alkitab ke dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas. Setiap pengajaran dikembangkan sesuai dengan jenjang usia anak dengan menggunakan metode yang mengakomodasi kebutuhan peserta didik. Selain dari muatan kurikulum itu sendiri, SD Kristen ORA et LABORA mengembangkan kemampuan linguistik peserta didik, terlebih dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan bahasa adalah modal utama untuk dapat menghadapi globalisasi. Dalam memperlengkapi peserta didik untuk menghadapi era globalisasi, SD Kristen ORA et LABORA mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris yang dintegrasikan dalam pelajaran IPA (Science) dan Matematika (Mathematics).

Elementary-4

Untuk mencapai sasaran yang diharapkan, proses pembelajaran SD Kristen ORA et LABORA berusaha untuk mengembangkan daya pikir dan kreativitas peserta didik dengan memahami potensi setiap anak yang berbeda-beda. Pengembangan kurikulum di SD :

1. PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS.

Melalui kegiatan-kegiatan:

  1. Ibadah pagi dan ibadah siang
  2. Kebaktian mingguan setiap hari Jumat
  3. Persekutuan doa
  4. Kegiatan perayaan hari Raya Natal dan Paskah
  5. Bulan Alkitab
  6. Laporan aktivitas Sekolah Minggu

2. PENGEMBANGAN KARAKTER KRISTIANI yaitu:

  1. Kasih
  2. Jujur
  3. Disiplin
  4. Tanggung Jawab
  5. Santun
  6. Percaya Diri
  7. Peduli
  8. Kerjasama
  9. Ramah Lingkungan
  10. Cinta Tanah Air melalui kegiatan:
    a. Pendidikan Karakter
    b. Pembiasaan Membaca Hening
    c. Pembiasaan Membuat Jurnal
    d. Kegiatan Aksi Sosial
    e. Kegiatan belajar di dalam dan di luar kelas

3. PENGEMBANGAN AKADEMIK.

Melalui kegiatan-kegiatan:

  1. Klub Matematika
  2. Klub Sains
  3. Klub Bahasa Inggris
  4. Mengikuti lomba OSN, ASMOPS

4. PENGEMBANGAN SENI.

Melalui kegiatan-kegiatan:

  1. Klub Musik
  2. Paduan Suara
  3. Extrakurikuler Bidang Seni

5. PENGEMBANGAN OLAHRAGA.

Melalui:

  1. Extrakurikuler olahraga
  2. Mengikuti lomba-lomba

Fasilitas

  • Ruang kelas ber-AC
  • Laboratorium IPA
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Musik (band, angklung)
  • Ruang Perpustakaan
  • Aula
  • Ruang Ibadah
  • Ruang Multimedia
  • Lapangan Olahraga
  • Kantin bersih dan sehat

Extrakurikuler

Bidang Seni :

  • Balet, Paduan Suara, Melukis, Manga
  • Menari, Membatik

Bidang Olahraga :

  • Bola Basket, Futsal
  • Karate, Bulutangkis

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 14.00

Kurikulum

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional. Untuk tahun ajaran 2016/2017 menggunakan perpaduan kurikulum KTSP dan mengacu pada kurikulum 2013.

1. Pengembangan Spiritualitas

Dilakukan dengan pembiasaan ibadah harian, retreat, dan memasukan nilai-nilai Kristiani pada setiap mata pelajaran.

2. Pengembangan Bahasa

Selain pengembangan bahasa Indonesia juga mengembangkan bahasa Inggris dengan program JETSET yang berstandar internasional.

3. Pengembangan Seni Budaya

Potensi Seni dikembangkan melalui seni peran, bina vokal, bina musik, sehingga terjadi keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan.

4. Pengembangan Wawasan Global

Dilakukan melalui pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan berbagai aplikasi Microsoft Office, Animasi Flash, Video Maker dan Video Editing, Pemrograman Web, Internet, sehingga siswa mampu menghadapi kemajuan teknologi yang sangat cepat.

Tenaga Pendidik Dan Kependidikan

Terdiri dari guru-guru yang memiliki kualifikasi standar keprofesionalan guru secara nasional, yang memiliki ijazah S-1.

Fasilitas

  • Ruang kelas ber-AC
  • Laboratorium IPA
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Musik (band, angklung)
  • Ruang Perpustakaan
  • Aula
  • Ruang Ibadah
  • Ruang Multimedia
  • Lapangan Olahraga
  • Kantin bersih dan sehat

Extrakurikuler

Untuk mengembangkan kepribadian dan bakat siswa, SMP Kristen ORA et LABORA menyelenggarakan program kegiatan ekstrakurikuler yang cukup variatif :

  • Pengembangan diri: Pramuka
  • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Fotografi, Klub Komputer.
  • Seni Budaya: Bina Musika, Bina Vokal, Seni Peran.
  • Olahraga: Futsal, Bola Basket, Bulutangkis.

SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hari dan Jam Belajar

Senin – Jumat: 07.10 – 14.30

Kurikulum

Menggunakan Kurikulum Nasional,  yang mengacu pada proses pembentukan Karakter Kristiani bagi anak didik, melalui integrasi nilai-nilai Alkitabiah dalam setiap kegiatan pembelajaran dan pembentukan Kualitas Intelektual, yang mencakup keterampilan berpikir dan belajar, keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama serta keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta berjiwa Nasionalis.

Program Muatan Lokal yang dikembangkan di SMAK ORA et LABORA adalah Public Speaking (dalam bahasa Inggris) ini  berkaitan dengan potensi geografis SMA Kristen ORA et LABORA yang berada di  wilayah Kota Tangerang Selatan yang merupakan daerah perumahan, pusat pendidikan dan sentra niaga atau perdagangan dimana akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran.

Kami berharap bahwa setiap anak didik yang telah menuntaskan pendidikan di Sekolah Kristen ORA et LABORA dapat menjadi pribadi-pribadi yang takut akan Tuhan, memiliki citra diri dan dasar karakter yang baik, memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, pola berpikir dan cara belajar yang benar, mampu berkomunikasi, bekerja sama dan bersaing di masa yang akan datang.

senior-high-3

Visi

Unggul dalam mutu, Prestasi dalam kreasi, Berkarakter kristiani, Berbudaya,  Ramah lingkungan dan Berjiwa nasionalis.

 

Misi

  1. Mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, dengan mendayagunakan IPTEK dan lingkungan, sehingga mampu meningkatkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Meningkatkan SDM peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang   mandiri, kreatif dan inovatif.
  3. Menumbuhkembangkan iman dan karakter kristiani warga sekolah yang saling mengasihi, cerdas, disiplin dan berkepribadian.
  4. Mengembangkan ketrampilan hidup, jiwa seni, cinta tanah air dan budaya Indonesia.
  1. Menumbuh kembangkan budaya ramah lingkungan yang bersih, rindang, sehat, aman dan nyaman.
  2. Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orangtua/wali, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian Visi sekolah secara optimal.
  3. Menumbuhkembangkan rasa cinta almamater dan cinta tanah air.

Strategi Pembelajaran

LEARN WHAT TO LEARN

Dengan berbasis kurikulum nasional, pembelajaran di SMA  Kristen ORA et LABORA menekankan pada pemahaman konsep (ide dasar) yang kemudian diikuti  dengan penambahan konten (isi/informasi),  penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

LEARN HOW TO LEARN

Pembelajaran di Sekolah ORA et LABORA  menekankan pada proses belajar yang mengembangkan keterampilan belajar dan berpikir anak didik. Hal ini sangat signifikan karena merupakan bekal bagi anak didik di masa yang akan datang dalam menghadapi situasi-situasi hidup yang nyata.  Inquiry Based Learning,  Cooperative Learning adalah beberapa pendekatan pembelajaran yang diterapkan di SMA Kristen  ORA et LABORA untuk mengembangkan keterampilan belajar dan berpikir tersebut.

LEARN WHAT TO DO WITH WHAT WE LEARN

Pembelajaran di SMA Kristen ORA et LABORA  mengarahkan anak didik untuk menerapkan konsep-konsep dan informasi yang sudah dipelajari  ke dalam situasi-situasi baru melalui berbagai project, product, performance atau pemecahan masalah-masalah yang nyata, yang  ada di seputar kehidupan anak didik.

Staff Pendidik

Guru-guru yang sabar dan bersahabat  (yang selalu berusaha memahami pribadi siswa), dari lulusan S1 dan S2 yang kompeten.

Fasilitas

  • Ruang pembelajaran/kelas yang nyaman untuk proses belajar
  • Laboratorium Fisika-Kimia-Biologi-Komputer-Bahasa
  • Perpustakaan dengan buku referensi, majalah dan surat kabar (koran)
  • Koneksi Internet /Wi-Fi
  • Sarana olahraga yang lengkap (lapangan outdoor & indoor)
  • Ruang Aula yang bersih dan nyaman serta full AC
  • Kantin yang bersih
  • Green House
  • Ruang Pertemuan  (ruang rapat) yang nyaman.
  • Ruang UKS
  • Ruang Kegiatan Siswa (OSIS)
  • Ruang Musik

Extrakurikuler

  1. Spiritual  (Persekutuan Doa)
  2. Olahraga (Bola Basket, Futsal, Taekwondo dan Bulutangkis)
  3. Seni (Seni Rupa, Band, Modern Dance, Paduan Suara)
  1. Bahasa (Public Speaking, Jurnalistik)
  2. Pengembangan Diri (BK, Pramuka)