Menjadi Guru Ideal Di Era Milenial

Pada Rabu, 21 November 2019 di Sekolah Global Islamic School (GIS), telah diadakan seminar pendidikan. Seminar ini merupakan rangkaian dari TENFEST dalam rangka merayakan HUT Kota Tangerang Selatan yang ke-10. Peserta seminar ini adalah guru-guru yang berasal dari seluruh sekolah di Kota Tangerang Selatan. Narasumber dari seminar  “Menjadi Guru Ideal Di Era Milenial” adalah Dr. Praptono, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karakter yang harus dimiliki oleh guru di era milenial adalah Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration. Pendidikan di era milenial merupakan tantangan bagi para guru. Saat ini bukan lagi era transfer if knowledge yang ditandai dengan pembelajaran searah dengan memposisikan peserta didik sebagai konsumen. Guru harus bisa berfikir kritis, kreatif, berkomunikasi dengan baik, menyampaikan materi dengan menyenangkan dan bisa bekerja sama dengan peserta didik.

Di dalam pembelajaran harus terjadi olah rasa, olah hati, dan olah ragawi dalam diri peserta didik, hal ini penting agar peserta didik mampu memaknai, mengolah dan menyaring informasi yang ada di sekitar. Peserta didik harus disadarkan bahwa ilmu pengetahuan tidak untuk dihafal, maka dari itu guru harus bisa melakukan hal-hal yang tidak biasa (out of the box). Bila hal-hal tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran maka dengan sendirinya peserta didik akan memberikan yang terbaik. Dengan demikian peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan sehingga peserta didik tidak tergilas oleh kecanggihan teknologi saat ini. (Christina Fita/Waka-Kesiswaan/SMP BSD)