Curriculum 2013 Implementation Workshop

(This article is available in Bahasa Indonesia.)

Pelatihan Guru SD Swasta Se-Kecamatan Serpong

“Implementasi Kurikulum 2013”

Di Aula Sekolah Kristen ORA et LABORA BSD

Sabtu, 26 November 2016 bertempat di Aula Sekolah ORA et LABORA Bumi Serpong Damai, Forum Komunikasi Sekolah Dasar Swasta (FKSDS) Kecamatan Serpong mengadakan pelatihan Kurikulum 2013 dengan tema, “Implementasi Kurikulum 2013”. Peserta yang hadir adalah guru-guru Sekolah Dasar Swasta yang ada di Kecamatan Serpong, diantaranya: SD Kristen ORA et LABORA, SD Santa Ursula, SD Stella Maris, SD Global Islamic School, dan sekolah swasta lainnya yang berdomisili di Kecamatan Serpong. Pembicara dalam pelatihan tersebut adalah Ibu Elis Sukaesih, M.Pd. dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten.

Training_impl_kurtilas-2

Training_impl_kurtilas-4

Tujuan dilakukanya pelatihan kali ini adalah untuk menyegarkan kembali semangat para guru dan Kepala Sekolah tentang penting dan sangat berartinya Kurikulum 2013 bagi perkembangan pendidikan di Indonesia, serta memberi masukan bagi para guru dan Kepala Sekolah khususnya tentang hal-hal yang belum jelas tentang penerapan Kurikulum 2013 di sekolah masing-masing, khususnya tentang metode penilaian dimana para guru dan Kepala Sekolah banyak yang masih ragu/bingung dalam penerapannya. Harapannya melalui pelatihan kali ini guru dan Kepala Sekolah mendapat materi yang jelas dan dapat diterapkan di sekolah.

Training_impl_kurtilas-6

Pelatihan “Implementasi Kurikulum 2013”, dalam paparannya Ibu Elis Sukaesih menyampaikan bahwa Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang sangat komprehensif karena mencakup semua materi tentang pendidikan, jika pada kurikulum sebelumnya pelajaran budi pekerti ada mata pelajaran tersendiri/khusus, tetapi pada Kurikulum 2013 pelajaran budi pekerti masuk pada semua materi mata pelajaran yang semuanya terintegrasi dalam Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Terlepas masih adanya kekurangan pada Kurikulum 2013 itu pasti, tetapi menurut beliau Kurikulum 2013 ini yang paling baik. Mengapa Ibu Elis mengatakan Kurikulum 2013 yang baik?, karena pada Kurikulum 2013 siswa tidak akan naik kelas jika siswa tersebut memiliki nilai sikap di dibawah KKM untuk minimal 3 (tiga) mata pelajaran.

Training_impl_kurtilas-9

Training_impl_kurtilas-8

Mengakhiri kegiatan pelatihan kali ini Ibu Elis berharap Kurikulum 2013 dapat dijalankan dengan baik oleh sekolah-sekolah demi pendidikan anak bangsa yang lebih baik. Diakhiri dengan lagu untuk memberi semangat kepada peserta:

      Selamat pagi, siap-siap…                 Smile icon-s        

      Selamat siang, bersemangat…

      Selamat sore, kerja keras…

      Selamat malam, tidur nyenyak…     

 

=YSA=

26-11-16