Sekolah ORA et LABORA, yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) ORA et LABORA, didirikan pada tanggal 28 Mei 1966 oleh Benny Rob Arie Riupassa dan Johannes Boudewijn Riupassa. Sekolah tersebut berlokasi di Jalan Panglima Polim I blok N nomor 1 Jakarta Selatan. Gedung sekolah tersebut digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dari TK, SD hingga SMP. Pada tahun 1980 dilakukan renovasi gedung sekolah yang masih semi permanen menjadi bangunan permanen yang kokoh berdiri sampai sekarang.

Tahun 1981 dimulailah kegiatan belajar mengajar SMA  pada siang sampai sore hari. Banyak prestasi, baik akademis maupun non akademis diraih oleh ORA et LABORA Panglima Polim. Kegiatan non akademis yang paling menonjol adalah paduan suara, yang meraih medali Perak lomba paduan suara di ITB,  juara 2 lomba paduan suara tingkat provinsi dan beberapa lomba yang lain. Saat ini, unit-unit sekolah di ORA et LABORA Panglima Polim terdiri dari TK, SD dan SMP.

Kampus P. PolimORA et LABORA Panglima Polim

Pada tahun 1986 Sekolah ORA et LABORA memiliki gedung baru di jalan Gedung Hijau Raya, Pondok Indah. Selanjutnya gedung baru ini digunakan untuk kegiatan belajar mengajar SMP dan SMA. Kegiatan belajar SMA yang semula berlangsung siang hari, beralih menjadi pagi hari.

Dengan hadirnya gedung baru di wilayah Pondok Indah citra sekolah ORA et LABORA kian populer, mengingat keberadaan sekolah ORA et LABORA berada di dua wilayah pemukiman elit. TK dan SD di Panglima Polim, Kebayoran Baru, sedangkan SMP dan SMA berada di Pondok Indah. Prestasi demi prestasi berhasil diraih siswa di kedua lokasi tersebut, khususnya di bidang paduan suara. Dalam lomba paduan suara di tingkat DKI, dari tahun ke tahun, SMP Pondok Indah selalu berada di urutan 3 besar. Demikian pula dalam kejuaraan olahraga judo, SMA Pondok Indah berhasil menempatkan salah satu siswanya sebagai pejudo tingkat nasional. Selain itu SMA terkenal dengan kegiatan ”cheerleader”-nya dan bahkan orang menyebutnya sebagai sekolah artis, karena banyak siswa-siswi dari ORA et LABORA Pondok Indah yang menjadi artis terkenal di kemudian hari.

Pada tahun 2005 SMP ORA et LABORA Pondok Indah kembali ke Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, sedangkan SMA ORA et LABORA Pondok Indah berlangsung hingga tahun 2007.

gedung-oelORA et LABORA Pondok Indah

Pada tahun 1996 YPK ORA et LABORA mengembangkan pelayanan pendidikan TK, SD, SMP dan SMA ke wilayah Bumi Serpong Damai (BSD).  Yayasan menyewa 2 unit ruko 3 lantai, sebagai tempat sementara menunggu selesainya pembangunan gedung sekolah baru  di Jalan Anggrek Loka  BSD, Tangerang Selatan.

Menginjak tahun 1997 pembangunan dinyatakan selesai dan kegiatan belajar mengajar  TK, SD, SMP dan SMA  mulai menempati gedung  baru. Keberadaan Sekolah ORA et LABORA  BSD semakin hari semakin dikenal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang terus bertambah setiap tahun.

Berbagai kegiatan yang melibatkan  murid untuk aktif, kreatif dan mandiri terus diwujudkan. Misalnya lomba olahraga “OeL Cup”  di tingkat SMP, lomba olahraga dan seni “Labrakadabra” di tingkat SMA. Kegiatan ini menjadi semarak karena mengundang sekolah-sekolah lain untuk berkompetisi.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, sekolah ORA et LABORA juga banyak meraih prestasi di bidang akademis baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tingkat nasional siswa-siswi ORA et LABORA pernah meraih berbagai posisi juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA dan Matematika. Selain itu ada juga siswa yang meraih juara dalam lomba cipta cerpen tingkat nasional.

Sementara di tingkat internasional, beberapa siswa-siswi berprestasi telah mengharumkan nama ORA et LABORA dengan meraih medali emas dan perak di beberapa ajang olimpiade matematika dan sains baik di tingkat Asean maupun dunia. Beberapa siswa juga mewakili Indonesia dalam ajang World Creativity Festival di Daejeon, Korea Selatan, serta sebagai finalis di ajang Odyssey of The Mind di Iowa, Amerika Serikat.

Sedangkan prestasi non akademis lain  dari siswa-siswi ORA et LABORA yang sangat terkenal adalah paduan suara dan bola basket. Beberapa kali siswa SMA meraih gelar juara dalam kejuaraan liga bola basket antar pelajar Development Basketball League (DBL) tingkat provinsi Banten, baik untuk tim putra maupun putri, serta mewakili provinsi Banten dalam kejuaraan di tingkat nasional. Gelar juara ini diiringi juga dengan keberhasilan tim tari (dance) yang beberapa kali meraih gelar juara dalam ajang DBL tersebut.

Kampus BSDORA et LABORA Bumi Serpong Damai

Pengembangan pelayanan pendidikan masih terus ditingkatkan dan diperluas. Pada tahun 1998 YPK ORA et LABORA  membuka sekolah baru untuk tingkat TK, SD dan SMP di Pamulang, Tangerang Selatan. Perkembangan sekolah di wilayah ini relatif cukup pesat dan jumlah siswa terus meningkat. Dalam berbagai kegiatan baik akademis maupun non akademis, siswa TK, SD dan SMP tidak pernah absen dalam mengambil bagian dan meraih juara dalam berbagai perlombaan. SMP ORA et LABORA Pamulang terkenal dengan olahraga bola basket dan paduan suaranya. Tidak kalah prestasinya dengan kampus-kampus ORA et LABORA yang lain.

Kampus PamulangORA et LABORA Pamulang

Profil Pembina Yayasan

Edwin Soeryadjaya

Mr. Edwin Soeryadjaya-s2Warga Negara Indonesia, lahir di Bandung, 17 Juli 1949, memperoleh gelar Sarjana Bisnis Administrasi dari University of Southern California tahun 1974.  Sebagai salah satu pendiri dan hingga sekarang, menjabat sebagai Presiden Komisaris di  beberapa perusahaan dalam SARATOGA Group yang bergerak di bidang investasi.

Edwin Soeryadjaya juga menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Kristen ORA et LABORA sejak Mei 2011 berdasarkan Akta nomor 49 tanggal 16 Mei 2011.  Selain itu, beliau adalah juga Ketua Yayasan William Soeryadjaya sejak tahun 2010,  dan salah satu Founders Eco Learning Camp di bawah Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup, dan serta merupakan mitra United Nations World Food Program sejak tahun 2008.

Joyce Soeryadjaya Kerr

edwin-and-joyceWarga Negara Indonesia, lahir di Bandung, 14 Agustus 1950, memperoleh gelar Sarjana Bisnis Administrasi dari University of Southern California tahun 1974.

Selain menjabat sebagai Managing Director of Inter-Astrea Hongkong dan Komisaris di beberapa perusahaan nasional termasuk PT Unitras Pertama serta PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, Joyce Soeryadjaya adalah anggota Pembina Yayasan sejak Mei 2011 berdasarkan Akta nomor 49 tanggal 16 Mei 2011.